Kamis, 17 September 2015

Jurusanku AKUNTANSI UMM


Apa itu akuntansi? Mengapa kita perlu belajar akuntansi? Apa saja yang dipelajari oleh Akuntansi? Profesi apa yang dapat diigeluti oleh seorang lulusan akuntansi?

Menurut sejarah, akuntansi ada  sejak manusia mengenal uang. Mereka melakukan pencatatan mengenai keluar masuknya uang, timbulnya hutang piutang, serta transaksi transaksi lain. Awalnya mereka melakukan pencatatan diatas lempengan tanah liat yang kemudain berkembang dengan mengguanakan lontar. Evolusi akuntansi terjadi bersamaan dengan ditemukannya sistem pembukuan berpasangan ( Double – Entry )oleh pedagang Venesia. Dimana Double – Entry merupakan pencatatan transaksi dalam 2 aspek yaitu debit dan kredit yang akhirnya harus seimbang.

Apa itu Akuntansi? Menurut KBBI, akuntansi didefinisikan sebagai seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu keatuan ekonomi. Secara luas, akuntansi juga dikenal sebagai "bahasa bisnis”. Jadi didalam akuntansi, kita akan mempelajari bagaimana suatu transaksi keuangan dapat dikomunikasikan dan dimanfaatkan oleh  manajer, pengambil keibijakan, serta pihak-pihak yang berkepentingan lainnya. Selain itu, belajar akuntansi bertujuan untuk menyajikan laporan keuangan yang akurat.
Banyak orang berpendapat bahwa kuliah di akuntansi hanya berisi mengenai debit-kredit ataupun jurnal-menjurnal. Pada dasarnya “hal” itu memang inti dari kuliah di akuntansi, namun, pada kenyataannya tidak hanya “hal” tersebut saja yang dipelajari. Kita bisa belajar auditing, statistika, perpajakan, ilmu-ilmu mengenai manajeman dan bisnis, serta ilmu lain yang menyangkut dunia perekonomian. Bahkan, dengan adanya perkembangan zamaan, dunia akuntansi juga semakin dekat dengan bidang IT. So, jangan anggap remeh akuntansi.
Lalu, mau jadi seorang lulusan akuntansi? Tentu akan menjadi seorang akuntan. Pada dasarnya akuntan dapat digolongkan menjadi 4, yaitu
1. Akuntan Publik, adalah akuntan independen yang memberikan jasa-jasanya atas dasar pembayaran tertentu.
Akuntan publik dapat memberikan jasa pemeriksaan (audit), jasa perpajakan (tax service), jasa konsultasi manajemen (management advisory services) dan jasa akuntansi (accounting services)
2. Akuntan Manajemen, adalah akuntan yang bekerja dalam suatu perusahaan atau organisasi. Tugas yang dikerjakan adalah penyusunan sistem akuntansi, penyusunan laporan akuntansi kepada pihak intern maupun ekstern perusahaan, penyusunan anggaran, menangani masalah perpajakan dan melakukan pemeriksaan intern.
3. Akuntan Pemerintah, adalah akuntan yang bekerja pada badan-badan pemerintah seperti di departemen, BPKP dan BPK, Direktorat Jenderal Pajak dan lain-lain.
4. Akuntan Pendidik, adalah akuntan yang bertugas dalam pendidikan akuntansi yaitu mengajar, menyusun kurikulum pendidikan akuntansi dan melakukan penelitian di bidang akuntansi.

Jadi, seorang akuntan pasti dibutuhkan oleh berbagai perusahaan atau instansi, karena diamanapun itu pasti ada aktivitas keuangan. Lihat saja pada lowongan-lowongan pekerjaan, tentu banyak sekali yang membutuhkan jasa seorang akuntan. So, berbanggalah kalian menjadi bagian dari dunia akuntansi.

Akuntansi itu mudah bila disukai dan dimengerti..

Sumber : http://pengaderan.himakunpad.org/index.php/pengaderan/7-tentang-akuntansi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar