Kamis, 17 September 2015

Tips Merawat Rambut Berhijab


Rambut merupakan mahkota terindah bagi wanita yang harus diperlihara dan dijaga agar tetap terlihat sehat dan berkilau. Rambut yang indah adalah dambaan bagi setiap wanita, baik itu wanita yang tidak memakai jilbab dan wanita yang memakai jilbab. Berbagai masalah rambut yang sering dialami wanita berhijab antara lain rambut berketombe, rambut rontok, gatal, dan lain-lain. Tentu permasalahan tersebut tidak boleh kalian anggap sepeleh karena kebersihan rambut yang tidak terjaga lambat laun akan menimbulkan berbagai penyakit yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Bagi wanita yang mengenakan jilbab, memang dibutuhkan perawatan yang berbeda dan ekstra agar mendapatkan rambut yang sehat dan indah. Karena menggunakan jilbab sebagai tuntutan islam di kesehariannya memang dapat membuat rambut menjadi lebih lembab dan mudah rontok.
Akan tetapi tidak perlu merasa khawatir, karena untuk anda para wanita berhijab tidak menutup kemungkinan besar juga dapat memperoleh tampilan rambut yang indah dan sehat sesuai apa yang diinginkan. Asalkan turut serta mengikuti tips-tips rambut sehat ala wanita berhijab.

Berikut ini adalah tips merawat rambut untuk wanita berhijab, antara lain:

1. Rambut dalam keadaan kering
Memakai jilbab dalam keadaan kepala dan rambut yang basah akan menyebabkan bau yang tidak sedap, ketombe dan gatal pada kulit kepala. Untuk itu biasakanlah untuk mengenakan jilbab dalam keadaan rambut kering.
2. Mencuci rambut
Rambut yang tertutup seharian dapat menyebabkan endapan keringan di kulit kepala, yang akan mengakibatkan rambut berketombe. Untuk itu jagalah kesehatan dan kebersihan rambut yaitu dengan cara mencucinya setiap hari.
3. Memakai hair tonic
Sesudah keramas, biasakanlah untuk selalu memakai hair tonic agar rambut terasa segar dan kering secara alami.
4. Jangan mengikat rambut terlalu kencang
Hindari mengikat rambut dalam keadaan basah, karena akan membuat rambut menjadi rontok dan berjamur. Untuk mendukung penampilan anda dalam berhijab kebanyakan hal yang dilakukan adalah mengikat rambut, namun sebaiknya jangan terlalu kencang mengikat rambut karena rambut akan mudah patah dan rapuh.
5. Jilbab atau hijab yang dapat menyerap keringat
Keringat yang berlebih berlebih biasanya akan mengakibatkan timbulnya permasalahan pada rambut seperti berketombe, mudah rontok, lembab, bau apek, dan lain sebagainya. Untuk itu anda harus pintar-pintar memilih jilbab dengan bahan yang mudah untuk menyerap keringat seperti katun atau kaos.
6. Pilihlah jilbab berwarna soft
Pemilihan warna soft akan memberikan efek yang sejuk hingga kulit kepala sehingga folikel-folikel yang terdapat pada rambut tidak akan terhambat dalam pertumbuhan.
7. Rapikan rambut sebelum maupun sesudah berjilbab
Merapikan rambut dapat anda lakukan dengan cara menyisirnya menggunakan sisir plastik bergigi jarang untuk mengurangi kerotokan. Selain itu hindarilah menyisir dari garis belahan rambut karena penyebab kerontokan biasanya bermula dari garis belahan rambut.
8. Istirahatkan rambut
Ketika anda berada di rumah, biarka rambut beristirahat sejenak dengan melepaskan hijab dan membiarkannya tanpa ikatan. Hal tersebut bertujuan agar rambut bisa bernafas, menjadi lebih segar, dan juga lebih sehat.
9. Gunakan bahan alami
Untuk melengkapi perawatan rambut sehat anda, tidak ada salahnya mencoba berbagai perawatan yang dibuat dari bahan alami seperti lidah buaya, kemiri dan lain-lain untuk menjadikannya masker rambut.
10. Konsumsi makanan bernutrisi
Adapun nutrisi penting yang harus dikonsumsi adalah makanan yang mengandung vitamin B-6, vitamin B-12, vitamin C, vitamin E dan juga protein. Dan contoh dari beberapa kandungan tersebut antara lain sayuran hijau, buah-buahan dan kacang-kacangan. Jenis makanan diatas juga dapat dipercaya mampu menjaga kesehatan rambut dari dalam.
Demikianlah tips merawat rambut untuk wanita berhijab yang dapat anda lakukan guna menghasilkan tampilan rambut sehat, indah, nan berkilau..
Terimakasih..

Sumber : http://www.ziahijab.com/page/47/tips-merawat-rambut-untuk-wanita-berhijab


Tidak ada komentar:

Posting Komentar